Senin, 29 Februari 2016

Cara Kita Selamatkan Bumi Indonesia Tercinta

Hasil gambar untuk selamatkan lingkungan kitaSemakin hari bumi kita semakin rusak, begitupun dengan Indonesia. Hutan yang rusak semakin banyak, polusi terjadi dimana-mana, berbagai macam bencana alam datang silih berganti, dan itulah indikasi bahwa semakin lama Indonesia semakin rusak. Tapi kita tidak poleh pesimis, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi Indonesia dari keruskan yang lebih parah,dan inilah beberapa diantaranya:
1. Menggunakan Produk-produk Hemat Energi.
Saat ini sudah banyak sekali produk-produk hemat energi yang dijual dipasaran, salah satunya adalah lampu. Memang harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan lampu biasa, tetapi lampu energi lebih sedikit menyerap energi listrik yang bisa berdampak kepada biaya listrik yang lebih murah.
2. Menggunakan Listrik Secara Wajar
Menggunakan listrik secara wajar merupakan bentuk menghemat listrik yang harus kita lakukan sedari dini. Selain dapat mengurangi beban biaya listrik, hal ini juga dapat menyelamatkan bumi Indonesia tercinta dari kerusakan. Listrik dihasilakan dari batubara dan minyak bumi yang notabene mencemari bumi.
3. Tidak Menggunakan Plastik
Jika anda ingin berbelanja, alangkah baiknya anda membawa tas belanja dari rumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah pemakaian plastik yang banyak terjadi saat belanja diwarung, pasar ataupun swalayan. Perlu diketahui bahwa plastik sulit untuk diurai dan bisa merusak kesuburan tanah.
4. Optimalkan Penggunaan Komputer
Saat ini tidak sedikit perusahaan-perusahaan atau organisasi-organisasi yang masih menyimpan dokumen atau surat-surat dalam bentuk kertas (dicetak), dan ini adalah suatu pemborosan kertas. Bukankah alangkah baiknya menyimpan dokumen dan surat-surat tersebut didalam komputer?
5. Beli Produk Lokal
Dengan membeli produk lokal berarti kita telah berperan untuk mengurangi laju polusi dan pemborosan energi, dengan kata lain kita telah ikut serta dalam upaya menyelamatkan bumi ini. Kita punya Apel Malang, kenapa harus beli Apel Washington? toh kualitas Apel Malang gak kalah sama Apel Washington.
6. Reduce, Reuse, Recycle
Reduce, Reuse, Recycle merupakan kata yang tak asing lagi bagi kita, ketiga kata ini sering lihat didalam poster-poster yang bertemakan lingkungan. Reduce, Reuse, Recycle berarti mengurangi penggunaan, menggunakan kembali produk-produk yang bisa dimanfaatkan, serta daur ulang produk.
7. Menggunakan Energi Terbarukan
Memang hal ini begitu terasa sulit jika tidak ada faktor pendukung seperti ketersediaan produk dan infrastruktur, tapi bukan berarti tidak bisa. Kalau ada energi terbarukan seperti dengan sinar matahari atau angin, ya kita harus menggunakannya. Ini jauh lebih bersih dan tentunya hemat energi.
8. Matikan Alat-alat Elektronik Jika Tidak Digunakan
Tentu kita akui kita tidak bisa lepas dari produk-produk elektronik dalam menunjang kehidupan. Tapi, terkadang kita keenakan dengan fasilitas-fasilitas seperti ini sehingga suka lupa mematikannya. Hal ini merupakan bentuk pemborosan listrik dan bisa merusak bumi Indonesia kita tercinta.
9. Mengurangi pemakaian bahan-bahan kimia
Sadar atau tidak kita tidak bisa lepas dari bahan-bahan kimia, diantaranya pestisida, deterjen, obat nyamuk, dan masih banyak lagi. Bahan-bahan kimia sulit untuk diuran dan bisa merusak kesuburan tanah, untuk itu mulailah mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia sekarang juga.
10. Mari Hijaukan Rumah Kita
Salah satu bentuk partisipasi kita dalam menyelamatkan bumi Indonesia dari kerusakan adalah dengan membuat hijau rumah kita sendiri. Salah satu cara sederhana adalah dengan menanam pohon dan kita bisa memulainya dengan menanam pohon kecil, seperti pohon cabai, pohon tomat, dan sebagainya.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates